HARAPAN PASTI


1 Tes 4:13-18

INRI

INRI (Photo credit: Stifts- och landsbiblioteket i Skara)

“…supaya kamu jangan berduka cita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan”.(ayat 13)

kehilangan orang yg kita kasihi pastilah menimbulkan dukacita. Mengalami duka cita itu adalah kewajaran. Sebab hidup kita tidak lepas dari sukacita yg diimbangi dengan dukacita. Pengkhotbah bahkan mencatatkan bahwa ada waktu untuk tertawa, tetapi ada waktu untuk berduka.
Berdukacita adalah kodrat manusia yg tidak bisa kita lari menjauh dari “nya”. Namun yang Paulus tekankan adalah bagaimana kita menyikapi dukacita yg kita alami.

Pada bagian ini paulus mengajarkan tentang suatu pengharapan yg pasti dalam menghadapi dukacita karena kematian seseorang. Paulus mengajarkan suatu sikap orang percaya bahwa duka cita bukan sesuatu yg membuat kita putus asa dan hilang harapan, melainkan seluruh jemaat Tesalonika dan semua orang Kristen pada generasi ini diajak untuk hidup dalam suatu pengharapan bahwa semua orang yg percaya yg telah meninggal dan akan meninggal akan bersama2 dengan Kristus dalam kekekalan. Kematian bukan sebagai akhir segalanya dalam kehidupan setiap orang yg percaya kepada Kristus, melainkan kematian menjadikan penghiburan yg hidup atas dukacita yg kita alami.

Berdukacita adalah sesuati yg wajar dan manusiawi, tetapi berdukalah dalam kepercayaan yg teguh bahwa pengharapan pasti kita bersama-sama dengan mereka yg telah meninggal dalam kemuliaan Kristus yg nyata pada kita. Inilah penghiburan dan harapan pasti bagi kita dan dengan pengharapan kekal ini, kita diajak menjadi saluran penghiburan bagi yg lain, sehingga setiap orang yg berduka terhibur sebagai seorang yg percaya dan berpengharapan. Adakah saat ini hati kita sarat? Jiwa kita letih berputus asa karena duka cita yg kita alami? Firman-Nya memberikan kita suatu harapan pasti.

“Duka cita yg kita alami bukan akhir segalanya, berdukalah sebagai orang yg percaya.
🙂

One response to “HARAPAN PASTI

  1. Iye yesus dan sabar bagi umat muhammad SAW

Ayo komentari Artikel di atas guys :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s